mardiani reni

@rheiney

Active 6 months, 1 week ago
Membangun Brand Identity Yang Solid, bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom. Branding perlu strategi?? Kok bisa? Pikiran ini pasti banyak terlintas dipikiran kalian. Tapi memang segala hal dalam bisnis itu memerlukan strategi agar bisa maksimal. Yuk sama-sama kita pelajari strategi apa yang dapat kita gunakan dalam […] View
  • mardiani reni posted an update 6 months, 1 week ago

    Membangun Brand Identity Yang Solid, bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.

    Branding perlu strategi??

    Kok bisa?

    Pikiran ini pasti banyak terlintas dipikiran kalian. Tapi memang segala hal dalam bisnis itu memerlukan strategi agar bisa maksimal. Yuk sama-sama kita pelajari strategi apa yang dapat kita gunakan dalam branding!

    Sebelum kita masuk ke strategi dalam branding, ayo kita belajar secara singkat apa itu branding. Branding merupakan kegiatan komunikasi, memperkuat, mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya. Branding pada umumnya berupa logo, nama brand, visi misi, tagline, dan media kit. Intinya branding merupakan wajah depan brand Anda.

    Setelah mengetahui basic dari branding, Mari kita belajar strategi-strategi apa saja yang dapat kita gunakan dalam branding.

    Sebutkan tujuan brand Anda
    Ketika Anda menyebutkan alasan berdirinya bisnis atau asal usul produk atau layanan yang Anda jual, hal ini dapat menjadi nilai lebih terhadap bisnis Anda. Tuliskan dan informasikan tujuan bisnis Anda sehingga pelanggan yakin bahwa produk Anda merupakan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi.

    2. MENJAGA KONSISTENSI BRAND ANDA
    Kunci konsistensi adalah menghindari apapun tidak ada hubungannya dengan brand Anda. Jika Anda menambahkan foto baru ke Media platform bisnis Anda, pikirkan apa artinya bagi bisnis Anda? Apakah itu sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan tentang brand Anda?, atau hanya sesuatu yang lucu dan tidak bermakna yang dapat membingungkan audiens Anda?

    Dalam upaya memberikan platform untuk merek Anda, Anda harus yakin bahwa semua pesan Anda kohesif. Pada akhirnya, konsistensi berkontribusi pada pengenalan merek, yang mendorong loyalitas pelanggan.

    3. GUNAKAN EMOSI DALAM PENYAMPAIAN BRAND
    Pelanggan tidak selalu rasional. Bisnis Anda harus terhubung dengan pelanggan, membuat mereka merasa spesial. Dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk merasa seperti mereka adalah bagian dari kelompok yang lebih besar yang lebih erat daripada hanya sekedar pembeli, bisnis Anda dapat menjadi pilihan utama para pelanggan.

    4. MEMBERIKAN APRESIASI KEPADA PELANGGAN
    Setiap bisnis pasti memiliki pelanggan loyal. Seorang pelanggan akan sangat senang apabila mendapatkan perlakuan yang baik dari tempat mereka berbelanja. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengapresiasi loyalitas mereka. Hal tersebut dapat dilakukan lewat pemberian voucher produk, poin, gift spesial seperti diskon ulang tahun.

    5. LIBATKAN KARYAWAN BISNIS ANDA
    Seperti yang disebutkan sebelumnya, konsistensi sangatlah penting dalam branding. Penting sekali bagi karyawan Anda untuk memahami dengan baik bagaimana mereka harus berkomunikasi dengan pelanggan dan mewakili brand Anda. Oleh karena itu libatkan karyawan Anda dalam proses bisnis dan pastikan relasi dalam bisnis juga baik untuk mempertahankan kinerja yang kohesif.

    Dalam memaksimalkan suatu bisnis, Anda perlu membangun branding bisnis agar bisnis Anda dapat lebih dikenal. Oleh karena itu, strategi branding yang tepat sangat penting demi kesuksesan bisnis Anda.

    Sumber :
    https://komunikasi.untag-sby.ac.id/berita-314-strategi-branding-membangun-brand-identity-yang-solid.html