Euforia PKKMB Dewangkara Maetala 2024 Telkom University Surabaya

Home Forums Euforia PKKMB Dewangkara Maetala 2024 Telkom University Surabaya

Viewing 1 reply thread
  • Author
    Posts
    • #190084

      DAY 1 : Senin, 2 September 2024

      Pada hari Senin, 2  September 2024 merupakan hari pertama PKKMB Dewangkara Maetala 2024. Pada hari ini diisi dengan apel pembukaan. Selain itu, juga diisi dengan kegiatan materi tentang profile dari Telkom University Surabaya, yang disampaikan langsung oleh Bp. Agus Windarto selaku Wakil Direktur 3 Telkom University Surabaya. Beliau menjelaskan bahwa Telkom University, khususnya di Telkom University Surabaya merupakan kampus swasta berbaik nomor 1 di Indonesia. Dengan world rank : ­400-601, Asia Rank : 401-500. Berpusat di Bandung, dan memiliki cabang di Jakarta, Purwokerto, dan di tempat saya di Surabaya.

      Perlu diketahui istilah-istilah yang ada di perguruan tinggi :

      1. Fakultas : bagian yang menyelenggarakan 1 / lebih disiplin ilmu. Di Telkom University Surabaya ada :
      • Fakultas Teknik Elektro
      • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      • Fakultas Informatika
      • Fakultas Rekayasa Industri
      1. Kurikulum : seperangkat rencana program pendidikan dan pengadaan penyelengaraan KBM.
      2. Dosen : pendidik profesional di kampus. Kalau di SD, SMP, SMA dulu kita mengenalnya dengan istilah guru.
      3. Tridarma Perguruan Tinggi : kewajiban Perguruan Tinggi merealisasikan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
      4. Dosen Wali : dosen pendamping akademi mahasiswa.
      5. Registrasi awal semester : proses administrasi akademik pada setiap awal semester.
      6. Perwalian : proses konsultasi akademik.
      7. SKS (Satuan Kredit Semester) : takaran proses belajar selama 1 semester, max : 24 SKS, dan masih banyak lagi.

      Selain itu, ada juga Budaya HEI (Harmony, Excellent, Integrity) yg disampaikan oleh Bp. Dahliar Ananda. Sebagaimana ikrarnya yang berbunyi :

      Ikrar HEI

      KAMI AKADEMIKA UNIVERSITAS TELKOM

      Menjunjung tinggi nilai

      Harmony, Excellent, Integrity

      Dalam berkontribusi untuk kemajuan

      Institut, Indonesia, dan dunia

       

      DAY 2 : Selasa, 3 September 2024

      Pada hari Selasa, 3 September 2024, merupakan PKKMB Day 2. Pada hari ini diisi dengansenam flashmob & jingle Telkom University, serta papermob. Selain itu juga, diisi dengan kegiatan kreasi “Wonderful Art” menggunakan media totebag sebagai kanvas dan mading.

      Selain itu, juga ada beberapa materi, diantaranya :  materi bertema “Perguruan Tinggi di Era 5.0” yang disampaikan langusng oleh Ibu Vera Febrayanti, S.T, M.M selaku EVP Telkom Regional III Jateng, Jatim, DIY, Nusa Tenggara. Beliau menjelaskan bahwa Revolusi Industri ke-5 merubah hidup kita saat ini dan masa depan.

      Kemudian, materi bertemakan “Make A Creative PKM With Fun, yang disampaikan langsung oleh Kak Ivan Sholana, peraih juara PKM Scients, dari prodi informatika. Dia menjelaskan bahwa PKM dapat melatih skill­ ­penulisan, menambah portofolio, menambah wawasan. Dia juga menjelaskan bahwa ada beberapa PKM (kalau dulu di SMA = KIR), diantaranya : PKM-K (Kewirausahaan), PKM-KC (Riset Soshum Fenomena), PKM VGK (Video Gagasan Kreatif), dan masih banyak lagi.

      Juga dijelaskan materi bertemakan “Embracing Your Confident – Know Your Worth” dengan pembicara Bp. Tectony Rahman & Ibu Silvi Istiqomah. Intinya, kita harus mengenali diri Anda untuk bisa menjadi seorang yang percaya diri. Namun, percaya diri bukan berarti sombong, yaa…

       

      DAY 3 : Rabu, 4 September 2024

      Nah, di day 3 ini, sekaligus day yang terakhir, kegiatan PKKMB diisi dengan sarapan bersama biskuit “Biskuat”. Setelah itu, dilanjut dengan pengenalan prodi. Mulai dari Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro, termasuk dari prodi saya, Bisnis Digital, dan masih banyak lagi.

      Setelah itu, dilanjut dengan materi “Sistem Terintegrasi” yang disampaikan langsung oleh Ibu Berlian. Beliau menjelaskan tentang Smart Tani, yang meliputi : Smart Farming, PCCU / monitoring hasil. Ia telah berjaya menghasilkan melon varietas Fujisawa & Legita, dengan tingkat kemanisan 16.2 brix. Juga dijelaskan mengenai alat pantau waktu takar dan pemilhan telur ayam otomatis dengan monitoring kolam udang.

      Kemudian, dijelaskan mengenai materi “Sustainability & Circular Technologies, yg dijelaskan oleh Bp. Adit. Di sini dijelaskan mengenai ragam Divisi REV : Divisi non teknis, divisi mekanik, divisi kelistrikan. Project : Kompor listrik, Truck listrik, E-Ninja, Electric Forklift, E-Fin, Electric C70, Charging station, dan masih banyak lagi.

      Kemudian, juga dijelaskan mengenai PPKS (Penanganan Pencegahan Kekerasan Seksual) & Kode Etik. Yg dijelaskan oleh Bp. Yohannes Setiawan, Ibu Eka Amalia Nur Alifah, dan Bp. Ahmad Ali Satria, S.Kom. Di sini, dijelaskan mengenai betapa pentingnya mencegah daripada kekerasan seksual. Sesuai dengan dasar hukum : Per Mendikbud No. 30 Th 2001 tentang Penegakan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus. Selain itu, juga dijelaskan mengenai jenis-jenis daripada kekerasan seksual :

      1. Kekerasan seksual verbal, meliputi :
      • Panggilan dengan nama julukan (makian)
      • Memanggil untuk mempermalukan orang (siulan)
      • Menjadikan orang lain sebagai bahan lelucon (main mata), dsb.
      1. Kekerasan seksual fisik, meliputi :
      • Menyentuh tubuh dengan tujuan seksual / memegang tangan tanpa izin, yg dapat membuat si korban merasa trauma, tidak nyaman, bahkan berujung ingin b*n*h d*r*, dan masih banyak lagi.

      Pesan dan kesan saya selama mengikuti PKKMB Dewangkara Maetala 2024 ini, saya merasa senang karena bisa bertemu dengan teman-teman baru, lingkungan baru. Namun, saya juga merasa nervous dan introvert juga sulit beradaptasi di lingkungan yang baru. Namun saya sangat berterima kasih kepada kakak-kakak fasilitator, para kakak-kakak Komisi Disiplin (Komdis), dan juga seluruh Panitia PKKMB Dewangkara Maetala 2024 yang bertugas yang telah membantu saya dan teman-teman saya untuk bisa beradaptasi, serta membimbing kami agar dapat terus melangkah menuju jalan yang benar.

    • #190102

      semangat, semoga sukses kuliah di Telkom University

Viewing 1 reply thread
  • You must be logged in to reply to this topic.